Tuesday, January 26, 2016

Siapa Takkenal Gunung Puntang



Siapa takenal gunung puntang, Tempat Wisata Perkemahan. Orang Bandung dan sekitarnya pasti tahu gunung puntang yang dahulu jaman penjajahan Belanda Gungung ini memiliki pemancar tertinggi di asia tenggara, yang jangkauannya hingga sampai ke Negeri kincir anggin Belanda dan benua Eropa. Pada masa itu Belanda membuat pemancar radiao di atas gunung Puntang. Kejayaan Belanda terusik dengan datanya pasukan Jepang ke Indonesia dengan tujuan yang sama menjajah Indonesia dan menghancurkan dan meluluhlantakan Pemancar radio belanda yang berada di gunung Puntang. sekarang yang tertinggal hanyalah puing-puing Bangunan pemancar radio milik Pemerintah Belanda. 


Sungai berbatu Gunung Puntang (foto tIO)
Bandung selatan Gunung Puntang disanalah tempatnya, Tempat Wisata dan bumi perkemahan, masih alami dengan pemandangan alam yang mengagumkan, dengan tersedianya sungai yang menjadikan sumber air yang alami. Alam yang sejuk, dengan hutan dan pepohonan yang masih padat. Gunung Puntang dapat ditempuh 1 jam dari Baleendah, dengan rute dan jalan yang lumayan bagus, dari Baleendah menuju arah Banjaran, dan arah pangalengan menuju Cimaung, desa Puntang.  jalan yang meliuk-liuk, melewati pemukiman dengan pemandangan kanan kirinya indah menjelang lokasi. Dahulu tahun 2001 kami berjalan dari jalan raya, sampai gunung puntang, karena kami datang kemalaman dan tidak ada kendaraan umum. tapi itu menjadi pengalaman yang selalu di ingat.
Pintu masuk gunung puntang (foto tIO)


Obyek wisata bumi perkemahan puntang menyajikan pengalaman yang menarik, berkemah di kaki gunung menjadi sesnsasi yang berbeda, dengan mengunakan kendaraan motor, atau mobil kita dapat menjangkaunya sampai ditujuan tempat parkir yang luas, serta fasilitas yang lumayan baik. Untuk berwisata ke daerah tersebut, sebaiknya pada musim kemarau di saat langit cerah dan terang bulan, dan turunlah kebawah carilah tempat dekat aliran sungai, di bibir sungai. di antara kaki gunung yang rimbun, setelah mendapatkan tempat yang di inginkan, sahabat dapat keatas lagi untuk mempersiapkan peralatan dan kayu bakar, kayu bakar dapat dibeli di warung, karena pintu masuk melewati warung-warung kopi, pastikan peralatan lain dan masak tersedia. 




Kenapa Membuka tenda di dekat sungai sahabat nantinya tidak akan kesulitan masak, minum, dan mungkin membuat bendungan kecil untuk berenang. sahabat dapat leluasa bermain air dan melakukan apapun diatas batu-batu besar yang ada di sungai. saat malam tiba sahabat akan disajikan purnama yang menajubkan di atas bebatuan sambil menikmati kopi hangat. bulan purnama muncul di atas dari duabelah gunung puntang yang menjulang, bersama suara air yang gemericik, karena sungai pada malam hari seperti sungai itu tidur, tidak sederas pada siang hari.

Share this

0 Comment to "Siapa Takkenal Gunung Puntang "

Post a Comment